Devisa

steceidea.blogspot.comDevisa. Apabila ada orang Indonesia membeli barang dari luar negeri, maka ia tidak akan dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan uang rupiah seperti yang biasa ia pakai saat melakukan transaksi perdagangan di dalam negeri. Ia harus membayar dengan mata uang yang diakui negara asal barang yang ia beli atau alat pembayaran lain yang dapat diterima secara internasional. Alat pembayaran internasional inilah yang dimaksud dengan devisa. Devisa dapat berbentuk, mata uang kuat (hard currency)/valuta asing, emas, wesel (bill of exchange) dan traveller cheque.

Jadi devisa adalah semua barang atau kekayaan suatu negara yang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional dan bersifat convertible


Jenis devisa dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu devisa umum dan devisa kredit.
a. Devisa umum, yaitu devisa yang diperoleh dari aktivitas perdagangan (ekspor).
b. Devisa kredit, yaitu devisa yang diperoleh dari pinjaman luar negeri.

Dunia mengakui ada delapan mata uang sebagai hard currencies, yaitu Amerika Serikat dengan mata uangnya US Dolar, Jepang-Yen, Inggris- Poundsterling, Prancis-Franc, Switzerland-Franc, Germany-DM (Deutsche Mark), Canada-Dollar, dan European-Euro. 

Fungsi-fungsi devisa bagi perekonomian suatu negara, antara lain sebagai berikut :

1. Alat Pembayaran Hutang Luar Negeri
Mempercepat proses pembangunan nasional membutuhkan anggaran dana yang besar salah satunya dengan hutang luar negeri, maka suatu negara membutuhkan alat pembayaran berupa devisa.

2. Alat Transaksi Perdagangan Internasional
Kegiatan ekspor impor merupakan langkah untuk mewujudkan perekonomian yang stabil selain memenuhi kebutuhan barang atau jasa suatu negara. Berkaitan dengan perdagangan internasional, fungsi devisa adalah mempermudah terjadinya transaksi perdagangan ekspor impor.

3. Pembiayaan Kegiatan Kenegaraan ke Luar Negeri
Kegiatan perjalanan kenegaraan ke luar negeri, menggunakan devisa negara. Termasuk biaya penggunaan kantor jaminan dan kedutaan. Fungsi devisa sebagai pembiayaan kegiatan kenegaraan ke luar negeri didapat dari pemasukan biaya ekspor dan dari sektor lainnya.

4. Pembangunan Nasional
Salah satu syarat terjadinya percepatan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan fasilitas negara adalah dengan mempercepat pembangunan nasional.
Pendapatan devisa difungsikan untuk mempercepat pembangunan nasional. Semakin banyak devisa yang masuk maka akan menjadi cadangan untuk pembangunan selanjutnya.

5. Sebagai Cadangan Modal Suatu Negara
Devisa juga merupakan cadangan modal yang dimiliki oleh suatu negara. Hal ini sering dikaitkan dengan cadangan devisa. Manfaat cadangan devisa ini dapat digunakan sewaktu-waktu, ketika negara sedang membutuhkan keperluan mendesak.

6. Sebagai Penggerak Roda Perekonomian Negara
Devisa ialah salah satu faktor penting yang dapat menggerakkan roda perekonomian suatu negara, terutama dalam ekonomi internasional suatu negara. Dengan manfaat devisa, maka segala proses ekspor impor, penyediaan jasa, serta berbagai macam kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan dunia internasional dan negara-negara lain akan menjadi lebih lancar, dan dapat memberikan manfaat penting dalam bidang ekonomi.

Terimakasih telah membaca sekilas tentang Devisa.

Written by. Pak Anton
Sumber:
Alam. (2016). Ekonomi untuk Kelas SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Niamas, M. (2019). 6 Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara. Dipetik Mei 9, 2020, dari https://www.akuntansilengkap.com/: https://www.akuntansilengkap.com/ekonomi/fungsi-devisa-perekonomian-negara/

PPG, M. 2. (2019). Modul Perdagangan Internasional. Yogyakarta: UNY.

Devisa

Posting Komentar

0 Komentar