Pihak – Pihak dalam Distribusi | EKONOMI SMA KELAS 10

Pihak – Pihak dalam Distribusi | EKONOMI SMA KELAS 10

Dalam suatu kegiatan ekonomi, agar kegiatan distribusi lancar diperlukan berbagai pihak. Pihak distribusi merupakan orang, badan, atau lembaga yang terlibat dalam kegiatan distribusi. Pihak distribusi disebut badan atau lembaga perantara. 

Berikut ini merupakan badan yang terlibat dalam kegiatan distribusi:

1. Agen (Dealer) adalah perantara pemasaran atas nama perusahaan. Menjualkan barang hasil produksi perusahaan tersebut di suatu daerah tertentu. Balas jasa yang akan diterima berupa pengurangan harga dan komisi.

2. Broker (Makelar) adalah perantara pemasaran yang kegiatannya mempertemukan penjual dan pembeli untuk melaksanakan kontrak atau transaksi jual beli. Balas jasa yang diterima disebut kurtasi atau provisi.

3. Komisioner adalah perantara pembelian dan penjualan atas nama dirinya sendiri dan bertanggungjawab atas dirinya sendiri. Balas jasa yang diterima disebut komisi.

4. Eksportir adalah pedagang yang melakukan aktivitasnya dengan menyalurkan barang ke luar negeri.

5. Importir adalah pedagang yang melakukan aktivitasnya dengan menyalurkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Jika dibuatkan bagan, maka hubungan antara produsen, saluran distribusi dan konsumen sebagai berikut.

6. Pedagang besar ( grosir) merupakan pedagang membeli dan menjual barang dalam jumlah besar. Umumnya, pedagang besar tidak menjual langsung barangnya kepada konsumen, tetapi melalui pedagang eceran

7. Pedagang eceran merupakn pedagang yang membeli barang dari produsen atau pedagangbesar, kemudian menjual barang kepada konsumen

Terima kasih sudah belajar Pihak – Pihak dalam Distribusi | EKONOMI SMA KELAS 10 di blog stece idea. 

Semoga bermnfaat untuk PJJ Ekonomi

(*)


Posting Komentar

0 Komentar