Rangkuman Kerjasama Ekonomi Internasional

steceidea.blogspot.com – stece idea kali ini akan memberikan Rangkuman Kerjasama Ekonomi Internasional, semoga bermanfaat.

Kerja sama internasional adalah kerja sama yang dilakukan satu negara dengan negara lain atau dengan beberapa negara lain sekaligus.

Secara umum, kerja sama ekonomi internasional dapat dimaknai sebagai kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain. Kerja sama tersebut dapat terjadi hanya melibatkan dua negara saja atau pun lebih.



Tujuan kerja sama ekonomi internasional adalah meningkatkan ekspor/impor, mempercepat pembangunan nasional, membebaskan negara dari keterbelakangan ekonomi, mempererat jalinan persahabatan antar negara, dan memelihara perdamaian dunia.

Manfaat kerja sama ekonomi internasional antara lain kemajuan perekonomian, peningkatan kualitas tenaga kerja, menurunkan harga pokok per produksi, kemudahan memperoleh bahan baku, membuka lapangan kerja baru, masuknya modal asing, kesempatan menimba ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara maju, dapat mengimpor barang-barang yang mahal diproduksi sendiri, dan memperkuat daya tawar dan posisi indonesia.

Kerja sama bilateral adalah sebuah bentuk kerja sama yang melibatkan dua negara     di dunia. Misalnya, kerja sama antara Indonesia dengan Republik Korea dalam bidang ekonomi dan teknik.

Kerja sama regional adalah bentuk kerja sama yang terjalin antara beberapa negara dalam satu wilayah atau kawasan. Kerja sama ini tidak dapat dilepaskan dari persamaan lokasi, historis-geografis, teknik, sumber daya alam, dan pemasaran. Misalnya, ASEAN di wilayah Asia Tenggara, APEC di wilayah Asia Pasifik, dan MEE di wilayah Eropa.

Kerja sama multilateral adalah bentuk kerja sama yang melibatkan beberapa negara di dunia tanpa memandang batas wilayah tertentu. Kerja sama ini bersifat global atau internasional. Misalnya, WTO, PBB, Bank Dunia, ILO, WHO, dan UNDP.

Kerja sama antar regional adalah bentuk kerja sama yang melibatkan beberapa negara dalam satu kawasan dengan beberapa negara di kawasan lain. Misalnya, negara-negara Uni Eropa menjalin kerja sama dengan negara-negara ASEAN.

Kerja sama ekonomi tidak terbatas pada wilayah dan hubungan internasional saja, tetapi juga ada kerja sama yang dibentuk atas dasar tujuan dan lapangan usaha. Contohnya OECD (organisasi beranggotakan 34 negara yang menstimulasi perekonomian dan perdagangan global) dan OPEC (negara-negara pengekspor minyak)

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara.

ASEAN Free Trade Area (AFTA), bertujuan menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif sehingga produk-produk ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global, didirikan pada tahun 1992.

Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerja sama antar 21 Ekonomi di lingkar Samudera Pasifik yang berdiri tahun 1989.  

World Trade Organization (WTO) merupakan satu-satunya organisasi internasional yang mengatur perdagangan internasional.

Terimakasih telah membaca sekilas tentang Rangkuman Kerjasama Ekonomi Internasional.

Kami tunggu kunjungan kembali di stece idea.

Written by. Pak Anton
Sumber:
Alam. (2016). Ekonomi untuk Kelas SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

PPG, M. 2. (2019). Modul Perdagangan Internasional. Yogyakarta: UNY.



Posting Komentar

0 Komentar