Rangkuman Perdagangan Internasional

steceidea.blogspot.com – stece idea kali ini akan memberikan Rangkuman Perdagangan Internasional, semoga bermanfaat.

  1. Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.
  2. Faktor pendorong perdagangan internasional adalah perbedaan sumber daya, kondisi geografis, iklim, penguasaan ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  3. Perdagangan internasional mempunyai manfaat sebagai berikut: a. memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri, b. memperluas pasar dan menambah keuntungan, dan c. transfer teknologi modern.
  4. Menurut Teori Keunggulan Mutlak yang dikemukakan oleh Adam Smith,perdagangan internasional terjadi jika suatu negara memiliki keunggulan untuksuatu produk tertentu (adanya spesialisasi produksi).
  5. Menurut Teori Keunggulan Komparatif, perdagangan internasional terjadi jika suatunegara memiliki keunggulan dalam biaya tenaga kerja yang dibutuhkan untukmemproduksi suatu barang.
  6. Menurut Heckscher-Ohlin, suatu negara akan melakukan perdagangan dengan negara lain disebabkan negara tersebut memiliki keunggulan komparatif yaitu keunggulan dalam teknologi dan keunggulan faktor produksi
  7. Valuta asing atau mata uang asing adalah jenis-jenis mata uang yang digunakan di negara lain.
  8. Kurs valuta asing didefinisikan sebagai nilai satu unit valuta (mata uang asing) apabila ditukarkan dengan mata uang dalam negeri.
  9. Fungsi-fungsi devisa bagi perekonomian suatu negara, antara lain sebagai berikut: Alat Pembayaran Hutang Luar Negeri, Alat Transaksi Perdagangan Internasional, Pembiayaan Kegiatan Kenegaraan ke Luar Negeri, Pembangunan Nasional, dan  Sebagai Cadangan Modal Suatu Negara
  10. Kebijakan perdagangan luar negeri memiliki dua tujuan utama, yaitu meningkatkan ekspor dan mengurangi ketergantungan impor.


Terimakasih telah membaca sekilas tentang Rangkuman Perdagangan Internasional.
Kami tunggu kunjungan kembali di stece idea.

Written by. Pak Anton
Sumber:
Alam. (2016). Ekonomi untuk Kelas SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
PPG, M. 2. (2019). Modul Perdagangan Internasional. Yogyakarta: UNY.

Rangkuman Perdagangan Internasional stece idea



Posting Komentar

0 Komentar