Teori Keunggulan Komparatif (Comparative Advantage Theory)

steceidea.blogspot.com - Teori Keunggulan Komparatif (Comparative Advantage Theory). Murid Adam Smith, David Ricardo melengkapi teori gurunya dengan mengatakan bahwa perbedaan keunggulan komparatif juga dapat memberi keuntungan.

Dua negara akan tetap melakukan pertukaran melalui perdagangan internasional walaupun salah satu negara mempunyai semua keunggulan.

Suatu negara dikatakan memiliki keunggulan komparatif karena dapat memproduksi barang dengan biaya yang relatif lebih murah dibanding negara lain. Dengan kata lain, Keunggulan komparatif merupakan keunggulan yang dimiliki suatu negara karena memiliki keunggulan lebih besar pada satu barang dibanding barang lain, sedangkan negara lain memiliki kelemahan yang lebih kecil pada barang lainnya.


Contoh :                
Comparative Advantage
(Jam Kerja Per Satuan Output)

Negara
Hari kerja per satuan output
Rempah-rempah     Elektronik
Dasar tukar dalam negeri

Indonesia 
40 kg/hari
40 unit/hari
1 unit elektronik= 1 kg rempah-rempah


Korea 
50 kg/hari
80 unit/hari
1 unit elektronik = 0,625 rempah-rempah


Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui, bahwa negara Korea unggul terhadap kedua jenis produk, baik elektronik maupun rempah-rempah, akan tetapi keunggulan tertingginya pada produksi elektronik. Sebaliknya, negara Indonesia lemah terhadap kedua jenis produk, baik rempah-rempah maupun elektronik, akan tetapi kelemahan terkecilnya pada produksi rempah-rempah.

Jadi, sebaiknya negara Korea berspesialisasi pada produk elektronik dan negara Indonesia berspesialisasi pada produk rempah-rempah. Seandainya kedua negara tersebut mengadakan perdagangan, maka keduanya akan mendapatkan keuntungan. Besarnya keuntungan dapat dihitung sebagai berikut.

a. Di Korea 1 unit elektronik = 0,625 kg rempah-rempah, sedangkan di Indonesia 1 unit elektronik = 1 kg rempah-rempah. Jika negara Korea menukarkan elektronik dengan rempah-rempah di Indonesia, maka akan mendapatkan keuntungan sebesar 0,375, yang diperoleh dari (1 rempah-rempah – 0,625 rempah-rempah).

b. Di Indonesia 1 kg rempah-rempah = 1 unit elektronik, sedang di Korea 1 kg rempah-rempah = 1,6 unit elektronik. Jika negara Indonesia menukarkan rempah-rempahnya dengan elektronik, maka Korea akan mendapatkan keuntungan sebesar 0,6, yang diperoleh dari (1,6 elektronik – 1 elektronik).

Terimakasih telah membaca sekilas tentang Teori Keunggulan Komparatif (Comparative Advantage Theory).

Written by. Pak Anton
Sumber:
Alam. (2016). Ekonomi untuk Kelas SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
PPG. (2019). Modul Perdagangan Internasional. Yogyakarta: UNY.

Teori Keunggulan Komparatif (Comparative Advantage Theory)


Posting Komentar

0 Komentar