Ekonomi Menurut Tokoh Ekonom Terkemuka

steceidea.blogspot.com – Pada awal pertemuan ini Pak Anton mengajak untuk merenung sejenak tentang apa itu manusia sebagai homoeconomics, yaitu suatu makhluk yang berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Dalam memenuhi berbagai kebutuhannya manusia melakukan tindakan pilihan dari berbagai aternatif yang mungkin dengan pertimbangan untuk memperoleh keuntungan atau manfaat yang sebesar besarnya bagi dirinya.

Kebutuhan manusia relatif tidak terbatas, sementara alat pemuas kebutuhan manusia relatif terbatas.

Adanya dua pertentangan tersebut menimbulkan masalah yang disebut masalah ekonomi. Masalah ekonomi sebenarnya adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang relatif tidak terbatas dihadapkan dengan adanya kenyataan bahwa alat pemuasan kebutuhan manusia relatif terbatas.

Akibat masalah di atas, timbul pilihan yang pada akhirnya akan menciptakan biaya peluan atau opportunity cost.

Manusia dengan kemampuan pikiran yang dimiliki, berusaha untuk memecahkan masalah-maslah tersebut, dengan melakukan tindakan pilihan terhadap berbagai alternatif yang memungkinkan dari sederet kemungkinana yang ada.

Para ekonom menyebutkan tindakan ini sebagai tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi dilakukan untuk mencapai alternatif terbaik yang dapat dilakukan oleh manusia dalam rangka mencapai kepuasan yang tertinggi.

Istilah ekonomi petama kali digunakan oleh Xenophone, seorang ahli filsafat Yunani. Yang terdiri dari dua suku kata yaitu :”Oikos”, yang berarti keluarga atau rumah tangga dan “Nomos” yang berarti peraturan, aturan atau hukum”.

Secara sederhana ekonomi dapat diartikan sebagai kaidah-kaidah, aturan-aturan, cara pengelolaan rumah tangga.

Sedangkan dalam arti luas, ada beberapa defenisi ilmu ekonomi menurut beberapa tokoh ekonom yang terkemuka, diantaranya:

Paul A Samuelson; Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.

Adam Smith; Ilmu ekonomi secara sistematis mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber – sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.

Alfred Marshall; Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari – hari.

Hikcs; Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku menusia dalam dunia perdaganggan.

John Stuart Mill; Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan tentang produksi dan distribusi dari kekayaan.

Terimakasih telah membaca Ekonomi Menurut Tokoh Ekonom Terkemuka.

Kami tunggu kunjungan kembali di stece idea.

Written by. Pak Anton

Sumber:
Alam. (2015). Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
PPG. (2019). Modul Ekonomi Mikro. Yogyakarta: UNY.

Ekonomi Menurut Tokoh Ekonom Terkemuka

Posting Komentar

0 Komentar