Motif Ekonomi Yaitu

steceidea.blogspot.com – Motif ekonomi yaitu setiap alasan, dorongan, dan kegiatan yang dilakukan seseorang atau badan untuk melakukan suatu tindakan ekonomi.

Motif ekonomi juga dapat diartikan sebagai berikut; daya yang menggerakkan orang untuk melakukan suatu tindakan ekonomi.

Kata Motif berasal ari kata motive (bahasa inggris) yaitu alasan atau penggerak. 

Motif ekonomi dibedakan menjadi dua yaitu Motif intrinsik dan Motif Ekstrinsik

Motif intrinsik adalah keinginan memperoleh barang atau jasa karena dorongan dari kesadaran sendiri sedangkan motif ekstrinsik adalah keinginan memperoleh barang dan jasa karena pengaruh dari pihak luar.

Macam-macam motif ekonomi antara lain sebagai berikut:

1. Motif dalam memenuhi kebutuhan
Motif memenuhi kebutuhan yaitu suatu tindakan seseorang yang didorong oleh hasrat ingin memenuhi suatu kebutuhan. 

Untuk mempertahankan hidupnya, setiap orang memiliki suatu kebutuhan, baik yang berupa barang maupun jasa yang harus dipenuhi. Biasanya dalam suatu kebutuhan tersebut sifatnya tidak terbatas, sedangkan pada alat pemuasnya terbatas. Oleh sebab itu, setiap orang harus mempunyai suatu perhitungan yang teliti agar untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapannya.

2. Motif memperoleh laba
Motif untuk mendapatkan laba yakni segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan ekonomi untuk mendapatkan laba. 

Motif ini timbul dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan manfaat, baik yang berupa uang maupun barang. Dengan mendapatkan keuntungan diharapkan harta seseorang dapat bertambah dan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya secara lebih baik.

3. Motif memperluas usaha ekonomi
Motif ini merupakan motif ingin memperluas usaha ekonomi, setelah seseorang sukses mengembangkan usahanya dan mendirikan cabang-cabang usahanya disetiap kota, dan tetap berusaha mengembangkan usahanya serta idak takut bersaing dengan tujuan menguasai pasar tertentu.

4. Motif mendapatkan kekuasaan ekonomi
Motif untuk mendapatkan kekuasaan ekonomi yaitu suatu keinginan seseorang yang sudah makmur, tetapi masih untuk melakukan suatu tindakan ekonomi dikarenakan adanya dorongan untuk mendapatkan sebuah kekuasaan di berbagai suatu kegiatan usaha dalam sebuah perekonomian. 

Contohnya : RT 02 Sidoapik sedang berlangsung pemilihan ketua RT. Pak Tono, salah seorang calon RT yang memodali perbaikan jalan yang rusak dengan harapan dalam pemilihan ketua RT nanti, ia mendapat suara dukungan dari masyarakat.

5. Motif mendapatkan penghargaan
Motif untuk mendapatkan penghargaan yakni suatu tindakan seseorang yang didorong untuk mendapatkan suatu penghargaan. 

Penghargaan dari orang lain akan memberikan kepuasaan tersendiri bagi suatu pelaku kegiatan ekonomi. Penghargaan yang dimaksud tidak sekedar untuk memperoleh sebuah pujian tetapi juga ingin dalam status sosialnya yang lebih tinggi dari lingkungan masyarakat sekitar.

6. Motif sosial
Motif sosial yakni segala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan suatu tindakan ekonomi karena ingin menolong sesama. 


Terimakasih telah membaca Motif ekonomi yaitu.

Kami tunggu kunjungan kembali di stece idea. 

Written by. Pak Anton

Sumber:
Alam. (2015). Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
PPG. (2019). Modul Ekonomi Mikro. Yogyakarta: UNY.



Posting Komentar

0 Komentar