EKONOMI SMA Kelas 10 Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan Jasa)

 steceID.E.A – Hai salam sejahtera berikut materi EKONOMI SMA Kelas 10 Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan Jasa).

Alat Pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia berupa barang dan jasa.

Barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud, dapat dilihat dan di raba oleh indera kita. Contoh : gitar, tas, pakaian, sepatu, rumah, dan kendaraan.

Jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud (abstrak) , tapi dapat dirasakan manfaatnya sebagai alat pemuas kebutuhan. Contoh : jasa guru, jasa pengacara, jasa hakim, jasa dokter, jasa perawat, jasa tukang becak, jasa ojek online, dan jasa taksi online.

Barang dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

1.Jenis barang menurut cara memperoleh

Barang bebas adalah barang yang bisa didapat tanpa pengorbanan atau biaya.. Untuk memperoleh tidak perlu pengorbanan, karena sudah tersedia di alam. Contohnya udara yang kita hirup setiap hari.

Barang ekonomi adalah barang yang didapat dengan cara mengorbankan sesuatu untuk mendapatkannya.. Misalnya, untuk memperoleh buku harus membeli kesanggupan kita mengeluarkan uang adalah pengorbanan.

2.Barang menurut cara pemakaian

Barang komplementer adalah Barang yang kegunaannya bertambah jika digunakan bersama dengan barang lain. Contoh: sepeda motor dan mobil tidak bisa jalan jika tidak ada bahan bakarnya.

Barang substitusi adalah Barang yang dapat menggantikan barang lain. Misalnya, jika sabun cuci harganya mahal, dapat diganti sabun cuci krim.

3. Berdasarkan Kepentingan

Barang Inferior adalah barang yang pemakaiannya ditambah ke lebih bagus jika pendapatan bertambah dan sebaliknya.

Barang Esensial adalah barang yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaannya tidak signifikan dipengaruhi oleh tingkat pendapatan.

Barang Normal adalah Barang yang permintaannya bertambah saat pendapatan meningkat dan sebaliknya.

Barang Mewah adalah Barang berharga mahal dan dapat menaikkan status sosial penggunanya.

4.Menurut cara pengerjaannya

Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi. Contohnya: batu bara, timah, kapas, tebu, teh dan yang lainnya.

Barang setengah jadi adalah barang hasil pengolahan bahan mentah tetapi belum merupakan produk akhir dan masih akan di olah lagi. Contohnya: benang yang akan dijadikan kain, kain yang akan di jadikan baju.

Barang jadi adalah barang yang siap pakai atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya baju dan sepatu.

5. Berdasarkan Cara Penggunaan

Barang Pribadi adalah barang yang dimiliki dan digunakan oleh individu atau perorangan.

Barang Publik adalah barang yang digunakan untuk kepentingan masyarakat umum.

6. Menurut bentuknya

Barang tetap adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya dan tidak bergerak atau berpindah tempat. dapat digunakan sebagai jaminan kredit jangka panjang di bank.

Barang bergerak atau tidak tetap adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya tetapi dapat berpindah tempat. dapat digunakan sebagai jaminan pendek di bank atau pegadaian. Contoh: sepeda motor, perhiasan.


Kegunaan Alat Pemuas Kebutuhan

Kegunaan Dasar (Element Utility). Barang berguna karena mengandung suatu zat. Misalnya, beras sebagai bahan baku membuat nasi.

Kegunaan Waktu (Time Utility). Barang memiliki kegunaan karena di pakai pada saat yang tepat. Misalnya, payung akan berguna jika dipakai pada musim penghujan.

Kegunaan Tempat (Place Utility). Barang berguna karena berubah tempat. Misalnya, padi di sawah akan berguna jika telah berada di tempat penggilingan.

Kegunaan Bentuk (Form Utility). Barang akan memiliki kegunaan jika telah berubah bentuk. Misalnya, kayu gelendongan akan lebih berguna jika telah berubah menjadi meja, kursi, lemari, dan lainnya.

Kegunaan Pelayanan. Barang akan berguna karena adanya jasa pelayanan. Misalnya, televisi berguna jika ada siaran.

Kegunaan Hak Milik (Ownership Utility). Barang akan berguna karena telah berpindah atau berubah dalam kepemilikannya. Misalnya, buku yang ada di toko buku akan berguna jika telah di beli dan dimiiki oleh pelajar.

Terima kasih telah menyimak EKONOMI SMA Kelas 10 Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan Jasa)

Written by. Pak Anton

Daftar Pustaka

Alam. (2016). Ekonomi Kelas SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga. 

EKONOMI SMA Kelas 10 Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan Jasa)

Posting Komentar

0 Komentar