EKONOMI SMA Kelas 10 Inti Masalah Ekonomi (Kelangkaan)

steceID.E.A – Masalah ekonomi menyangkut proses pemenuhan kebutuhan manusia. EKONOMI SMA Kelas 10 Inti Masalah Ekonomi (Kelangkaan)

Ada dua hal pokok; yaitu kebutuhan manusia itu sendiri dan barang/jasa sebagai alat pemuas kebutuhan manusia.

Dengan membandingkan antara jumlah kebutuhan manusia dan alat pemuas kebutuhan yang dihasilkannya, maka muncullah masalah ekonomi, yaitu kurang terpenuhinya kebutuhan manusia.

Inti masalah ekonomi pada dasarnya bersumber dari adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas, serta tersediannya alat pemuas kebutuhan manusia yang terbatas.

Inti Masalah Ekonomi adalah kelangkaan (scarcity)

Kelangkaan (scarcity) adalah kondisi di mana manusia memiliki sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tak terbatas.

Kelangkaan  merupakan suatu kondisi ketika sumber daya ekonomi terbatas untuk memenuhi kebutuhan, sedangkan kebutuhan manusia tak terbatas.terdapat dua hal yang perlu diperhatikan disini. 

Masalah  kelangkaan yang dihadapi  merupakan  masalah  bagaimana  seseorang  dapat memenuhi  kebutuhan  yang  banyak  dan  beraneka  ragam  dengan  alat  pemuas  yang  sangat terbatas. 

Dalam  menghadapi  masalah  kelangkaan,  ilmu  ekonomi  berperan  penting  karena  masalah ekonomi yang sebenarnya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang  tidak  terbatas  dan  alat  pemuas  kebutuhan  yang  terbatas.  

Apabila  suatu  sumber  daya dapat  digunakan  untuk  menghasilkan  suatu  alat  pemuas  kebutuhan  dalam  jumlah  tidak terbatas, maka sumber daya tersebut dikatakan tidak mengalami kelangkaan

Contoh kelangkaan sumber daya alam dapat diilustrasikan dengan mengamati lingkungan disekitar tempat tinggalmu yang akhir-akhir ini mengalami kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan akan masket dan hand sanitizer. Masyarakat sulit untuk mendapatkan masket dan hand sanitizer, kalaupun ada harga sangat tinggi dan masyarakat harus antre untuk mendapatkanya. Sulitnya masyarakat untuk mendapatkan masket dan hand sanitizer disebabkan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat dikarenakan adanya virus covid 19. Hal ini tidak sebanding dengan hasil produksi yang dilakukan perusahaan masket dan hand sanitizer dengan kebutuhan masyarakat akan masket dan hand sanitizer.

Faktor-faktor penyebab kelangkaan

a. Keterbatasan sumber daya

Lingkungan alam menyediakan sumberdaya alam melimpah bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Sumber daya alam dapat dikelompokan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, akan tetapi sumber daya alam akan semakin berkurang akibat sifat manusia yang serakah, sehingga keterbatasan inilah yang dapat mengakibatkan kelangkaan.

b. Perbedaan letak geografis

Letak geografis yang berbeda-beda menyebabkan persebaran sumber daya menjadi tidak merata. Ada yang wilayahnya subur. Ada wilayah yang tanahnya kaya akan hasil tambang, ada wilayah yang tandus dan kekurangan air bersih , sehingga dari perbedaan tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kelangkaan. 

c. Ketidakseimbangan pertumbuhan penduduk

Menurut Thomas Robert althus, pakar demografi dan ekonomi politik dari inggris, laju pertambahan penduduk yang cepat dari pada laju pertumbuhan produksi. Pertambahan penduduk yang cepat tidak diikuti dengan hasil produksi, akibatnya hasil produksi tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia yang beragam.

d. Rendahnya kemampuan produksi

Kemampuan produksi berpengaruh terhadap kesediaan barang dan jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan. Kemampuan poduksi yang terbatas akan  mengakibatkan rendahnya kapasitas produksi. Hal ini dapat menimbulkan ketidak terpenuhinya kebutuhan manusia.

e. Lambatnya Perkembangan Teknologi

Tekonologi yang digunakan produsen dalam proses produksi tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk. Produsen butuh waktu untuk menerapkan teknologi produksi yang baru, sementara kebutuhan hidup manusia terus berkembang. Lambatnya perkembangan dan penerapan teknologi menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia

f. Terjadinya Bencana alam

Bencana alam adalah faktor alam yang bisa mempengaruhi pemenuhan kebutuhan hidup. Adanya bencana alam bisa menyembakan kerusakan lingkungan sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Contohnya bencana alam banjir, gempa bumi, tanah longsor dapat menghambat distribusi barang dan jasa. Keterlambatan ini akan menyebabkan masyarakat tidak bisa segera mengkonsumsi barang dan jasa.

Terima kasih telah menyimak EKONOMI SMA Kelas 10 Inti Masalah Ekonomi (Kelangkaan)

Written by. Pak Anton

Daftar Pustaka

Alam. (2016). Ekonomi Kelas SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga. 

Sugiharsono, Wahyuni D., (2017). Dasar-Dasar Ekonomika. Yogyakara: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

EKONOMI SMA Kelas 10 Inti Masalah Ekonomi (Kelangkaan)

Posting Komentar

0 Komentar