EKONOMI SMA Kelas 10 Pembagian Ilmu Ekonomi


steceID.E.A – Hai salam sejahtera berikut materi EKONOMI SMA Kelas 10 Pembagian Ilmu Ekonomi.

EKONOMI SMA Kelas 10 Pembagian Ilmu Ekonomi

Sebelum Anda belajar Ilmu ekonomi secara mendalam, terlebih dahulu Anda harus memahami apa sebenarnya ilmu ekonomi tersebut. Ilmu yang mempelajari bagaimana manusia melakukan tindakan pemilihan terhadap beberapa pilihan yang mungkin ini disebut dengan ilmu ekonomi,  yang selanjutnya dapat kita dibagi menjadi tiga kelompok besar:

1. Ilmu Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics)
yakni ilmu ekonomi yang mendiskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi. 
Contoh: jumlah angkatan kerja, struktur perusahaan , asal usul suatu lembaga ekonomi. 
Pada ekonomi deskriptif tidak ada penjelasan mengapa fakta-fakta tersebut terjadi dan tidak ada pernyataan evaluatif atau penilaian pada fakta-fakta itu.

2. Ilmu Ekonomi Terapan (Aplied Economics)
yakni ilmu ekonomi yang mempergunakan rangka dasar umum dan analisis yang diberikan oleh teori ekonomi untuk menerangkan sebab-sebab dan arti pentingnya kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif.

Ada delapan pembagian ilmu ekonomi terapan,yaitu:
a. Ilmu Ekonomi Moneter : ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Juga berbagai aspek yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan hal tersebut. Seperti inflasi, jumlah uang yang beredar, dan tingkat suku bunga.

b. Ilmu ekonomi publik : ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Seperti APBN, APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.

c. Ilmu ekonomi industri : ilmu ekonomi yang membahas interaksi perusahaan dalam suatu industri. Dapat berupa persaingan usaha, kinerja perusahaan, atau kartel. Pembahasan ini termasuk dalam lingkup ekonomi mikro.

d. Ilmu ekonomi internasional : ilmu ekonomi yang membahas tentag kegiatan perekonomian antarbangsa atauantarnegara. Seperti transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antarnegara, danneraca pembayaran.

e. Ilmu ekonomi regional : ilmu ekonomi yang membahas interaksi ekonomi antar wilayah dan proses pengembangan suatu wilayah.

f. Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA) : ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi. Misal, eksternalitas positif dan negatif.

g. Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM) : ilmu ekonomi yang membahas faktor produksi tenaga kerja. Seperti masalah pengangguran, upah minimum, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.

h. Ilmu ekonomi syariah : ilmu ekonomi yang bertujuan untuk menerapkan ekonomi Islam. Pokok bahasannya antara lain prinsip bagi hasil, penghapusan riba pada perekonomian, dan zakat.

3. Teori Ekonomi (Theory Economic)
Yang meliputi: Teori ekonomi Mikro,Teori Ekonomi Makro.

Terima kasih telah menyimak EKONOMI SMA Kelas 10 Pembagian Ilmu Ekonomi

Written by. Pak Anton

Daftar Pustaka

Alam. (2016). Ekonomi Kelas SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga. 

Sugiharsono, Wahyuni D., (2017). Dasar-Dasar Ekonomika. Yogyakara: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.



Posting Komentar

0 Komentar